Bupati Tanah Datar Buka Satu Nagari Satu Event Perdana di Nagari Andaleh Baruh Bukik

    Bupati Tanah Datar Buka Satu Nagari Satu Event Perdana di Nagari Andaleh Baruh Bukik
    Foto : Journalist.id

    TANAH DATAR - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra membuka secara resmi perhelatan pertama Satu Nagari Satu Event bertempat di Nagari Andaleh Baruh Bukik Rabu, (4/5/2022).

    Peresmian ditandai dengan pemukulan Gendang oleh Bupati Tanah Datar  didampingi Ketua TPP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra,   Kepala Dinas Pariwisata Provins Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Agung Indrianto dan perwakilan lainnya.

    Bupati Tanah Datar dalam sambutannya memuji  dan bangga kepada  masyarakat Nagari Andaleh Baruh Bukit Kecamatan Sungayang, yang rutin setiap tahun menggelar event Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit.

    Sepekan  Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik, merupakan warisan budaya yang sudah turun temurun dari tahun ke tahun, acara ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahim antara masyarakat yang ada di kampung dengan masyarakat perantauan.

    Berdasarkan potensi dan sejarahnya yang panjang itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit sebagai salah satu nagari yang melaksanakan Satu Nagari Satu Event tahun 2022 dari 14 Nagari yang telah ditetapkan.

    Melalui pelaksanaan Satu Nagari Satu Event diharapkan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari, klub olahraga nagari, umkm, meningkatnya kunjungan wisatawan ke nagari di Tanah Data, hingga terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

    Wali Nagari Andaleh Baruh Bukik Albayani Dt.  Paduko Besar Dalam Laporannya Menyampaikanbahwa Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh digelar mulai tanggal 4 Mei sampai 10 Mei 2022.

    Acara tersebut akan  menampilkan berbagai kesenian spesifik minang dan permainan tradisional, yang mengangkat kearifan lokal seperti pencak silat, tari piriang dabuih, lukah gilo, cimuntu, yang ditampilkan oleh sanggar sanggar seni yang ada di nagari Andaleh Baruh Bukik.

    Setelah pembukaan secara resmi, Bupati Tanah Datar beserta rombongan melakukan kunjungan ke stand   pedagang, untuk melihat aneka kuliner dan UMKM yang ditampilkan.

    Karena salah satu tujuan pelaksanaan Satu Nagari Satu event salah satunya adalah untuk peningkatan ekonomi masyarakat melalui transaksi di Stand lokasi event.(JH)

    satunagarisatueven tanahdatar
    Joni Hermanto

    Joni Hermanto

    Artikel Sebelumnya

    Istano Basa Pagaruyung Dibanjiri Pengunjung

    Artikel Berikutnya

    Bangun Wisata Dari Nagari: Andaleh Perdana...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Banyak Kalangan Berharap Kasus Karen Diputus Hakim Berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan yang Maha Esa
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami